Visi dan Misi Desa

VISI DAN MISI
   1.     Umum
pembangunan adalahsebuah proses perjalanan kedepan menuju cita-cita yang diharapkan.
   2.     Nilai-nilai  yang Melandasi
Desa Api-api merupakan desa dengan wilayah yang cukup luas tetapi dari segi perekonomian belum memuaskan. Sebagian masyarakat masih ada yang tercatat sebagai masyarakat miskin. Sebagai bukti untuk kegiatan beras untuk keluarga miskin  penduduk Desa Api-api masih banyak yang membutuhkan.  Sebuah keadaan yang tidak membanggakan padahal sumber daya yang ada cukup  dan memadai. Ini karena penanggangan dan pengelolaannya tidak maksimal, selain itu sumber daya manusia yang masih dibawah rata-rata, juga faktor sarana dan prasarana yang kurang menunjang.
 Sebagian besar penghidupan masyarakat sebagai warga Petani dan buruh tani juga ada yang memelihara hewan ternak meski dalam skala kecil, biasanya hanya digunakan untuk investasi jangka pendek. Masyarakat tidak memiliki atau dapat menciptakan usaha lain yang dapat menambah penghasilan selain petani. Ini karena sumber daya manusia masyarakat banyak yang tidak memiliki keahlian atau keterampilan yang dapat dikembangkan sebagai jembatan menciptakan lapangan pekerjaan lain.
   3.     Visi dan Misi
1)     `    1. Visi
Sesuai dengan Visi daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2010-2014 yang tercantum dalam RPJM Daerah Kabupaten Tanah Bumbu tahun  2010-2014 adalah sebagai berikut :
Terwujudnya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang Religius dan Sejahtera.
Dalam rangka mendukung visi daerah tersebut, Desa Api-api Kecamatan Kusan Hilir dalam periode 2011-2015 ini memiliki visi, Mewujudkan Desa Api-api yang Sejajar dengan Desa Tetangga Baik dari Segi SDM maupun Infrastruktur, Sarana dan Prasarana.
 2)            2. Misi    
Untuk mencapai visi tersebut diatas, maka diperlukan penjabaran dari visi tersebut agar dapat diterapkan selama lima tahun kedepan dalam misi sebagai berikut :
1.         Misi Umum
Misi pembangunan Desa Api-api dalam lima tahun ke depan ditinjau secara umum adalah, Mengwujudkan Desa Api-api sebagai Desa Mandiri dengan meningkatkan sarana dan prasarana pertanian dengan didukung pemanfaatan potensi desa secara maksimal sebagai peningkatan ekonomi masyarakat dan peningkatan sarana kesehatan yang baik serta peningkatan sumber daya manusia yang terampil.
2.         Misi Khusus.
Misi khusus yang akan diwujudkan dalam pembangunan desa lima tahun ke depan adalah sebagai berikut:
-          Meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dengan cara pemanfaatan potensi desa secara maksimal.
-          Membangunan sarana dan prasarana desa yang dapat meningkatkan usaha pertanian rakyat.
-        Menciptakan lapangan atau usaha berupa industri rumah tangga sehingga masyarakat memiliki pendapatan lebih selain dari hasil pertanian.
-          Menciptakan pemuda-pemuda yang terampil dan berpotensi yang dapat memiliki pendapatan sehingga mengurangi angka pengangguran di desa.